Penerapan Komunikasi Terapeutik terhadap Pelaksanaan Family Psychoeducation pada Extended Familydengan Hipertensi: Laporan Kasus

Siti Hajar Salawali, Herni Susanti

Abstract


Abstrak

Pelaksanaan terapi family psychoeducation pada extended familydengan hipertensitidak dapat dipandang sebelah mata. Keluarga yang merawat anggota keluarga dengan hipertensi memiliki resiko mengalami beban dan seluruh beban yang dirasakan oleh keluarga merupakan stresor yang harus dihadapioleh seluruh anggota keluarga bersama-sama. Perawat yang terlibat dalam upaya perawatan kepada klien juga harus memperhatikan masalah yang dihadapi oleh keluarga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi beban dengan pemberian terapi family psychoeducation.Metode yang digunakan adalah laporan kasus. Laporan kasus ini menjadi yang pertama kalinya bagaimana penerapan komunikasi terapeutik terhadap family psychoeducation pada extended family dengan hipertensi dilakukan serta disajikan dalam bentuk laporan kasus. Penulis melakukan terapi sebanyak 6 sesi dengan menggabungkan menggunakan tekhnik komunikasi terapeutik. Hasil studi ini didapatkan bahwa terapifamily psychoeducation dan penggunaan komunikasi terapeutik dapat digunakan sebagai cara untuk menyelesaiakan masalah dalam keluarga yang merawat anggota keluarga dengan penyakit fisik (seperti hipertensi) pada kondisi dengan extended family, dimana dalam melaksanaan family psychoeducation, perawat lebih menggunakan tekhnik komunikasi terapeutik terutama pada sesi 3 yaitu manajemen stres dan sesi 4 yaitu manajemen beban keluarga. Tekhnik komunikasi terapeutik yang lebih sering digunakan penulis dalam pemberian family psychoeducation pada keluarga dengan kondisi extended familyyaitu mendengarkan aktif dan mengulang, klarifikasi dan fokus, refleksi dengan menunjukkan rasa empati dan rasa hormat, menggunakan humor, dan diam serta sesekali memberikan sentuhan yang terapeutik.

Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Psikoedukasi Keluarga, Keluarga Besar, Hipertensi

 

Application of Therapeutic Communication to the Implementation of Family Psychoeducation at Extended Family with Hypertension: Case Report

 

Abstract

The implementation of family psychoeducation therapy in extended families with hypertension cannot be underestimated. Families who care for family members with hypertension have a risk of experiencing the burden and all the burden felt by the family is a stressor that must be faced by all family members together. Nurses who are involved in care efforts to clients must also pay attention to problems faced by the family. One of the efforts that can be done to overcome the burden of therapy is family psychoeducation. The method used is a case report. This case report is the first time how the application of therapeutic communication to family psychoeducation in the extended family with hypertension is carried out and presented in the form of case reports. The author did therapy for 6 sessions by combining using therapeutic communication techniques. The results of this study found that family psychoeducation therapy and the use of therapeutic communication can be used as a way to solve family problems that treat family members with physical illness (such as hypertension) in conditions with extended families, where in implementing family psychoeducation, nurses use therapeutic communication techniques. especially in session 3, stress management and session 4, namely family burden management. Therapeutic communication techniques that are more often used by writers in giving family psychoeducation to families with extended family conditions, namely active listening and repetition, clarification and focus, reflection by showing empathy and respect, using humor, and being quiet and occasionally giving a therapeutic touch.

Keywords: Comunication Therapeutic, Family Psychoeducation, Extended Family, Hipertention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.