Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental

Neti Mustikawati, Diana Anggorowati, Okky Eka Mugianingrum

Abstract


Abstrak.Retardasi mental merupakan suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh adanya hambatan ketrampilan selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada tingkat intelegensia yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik dan sosial. Perkembangan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental sangat dipengaruhi oleh media sosialnya, terutama peran orangtua sangat berpengaruh  dalam perkembangan sosial anak yang mengalami retardasi mental. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan peran orangtua dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SDLB Negeri Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain descriptif correlative dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh.Jumlah responden sebanyak 49 orangtua yang memiliki anak retardasi mental sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai ρ value = 0,0001 (ρ< α atau ρ < 0,05) dan nilai OR=17,81 menunjukkkan adanya hubungan peran orangtua dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SDLB Negeri Kota Pekalongan. Adanya peran orangtua yang baik dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental.Orangtua sebagai orang terdekat dalam kehidupan anak dapat membantu anak retardasi mental dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.

 

Kata kunci : Kemampuan sosialisasi, anak Retardasi mental

 

ChildrensocializationabilitiesMentalRetardation

Abstract. Mental retardation is a condition of mental development stalled or incomplete, which is mainly characterized by the presence of obstacles during the development of skills, so the effect on the level of intelligence is the ability of cognitive, language, motor and social. Development of socialization skills mentally retarded child is strongly influenced by social media, especially the role of parents is very influential in the social development of children who have mental retardation. This study aims to determine the relationship with the parent role socialization skills in children with mental retardation SDLB Pekalongan. This study design using correlative descriptif with cross sectional approach. The sampling technique using saturated sample. The number of respondents as many as 49 parents of children with mental retardation in accordance with the inclusion and exclusion criteria. The results using Chi-Square test obtained value of ρ value = 0.0001 (ρ or ρ <0.05) and the value of OR = 17.81, indicating the existence of a relationship with the parent role socialization skills in children with mental retardation SDLB Pekalongan , The role of a good parent can increase the ability of socialization of children with mental retardation. Parents as the nearest person in a child's life can help a child with mental retardation in adjusting

to the environment.
Keywords: Ability socialization, mental retardation children


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.