Pengaruh Pelatihan SADARI Melalui Pendidik Sebaya (Peer Group) Terhadap Ketrampilan Deteksi Dini Fibroadenoma Mammae (FAM) Pada Remaja Putri

Anis Nikmatul Nikmah, Dessy Lutfiasari

Abstract


Abstrak

 

Penderita FAM memiliki risiko 2 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara dikemudian hari dibandingkan wanita yang tidak menderita FAM. Peningkatan risiko untuk terkena kanker payudara pada wanita dengan riwayat tumor jinak berhubungan dengan adanya proses proliferasi yang berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan SADARI Melalui Pendidik Sebaya (Peer Group) Terhadap Ketrampilan Deteksi Dini Fibroadenoma Mammae (FAM) Pada Remaja Putri. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode pre eksperimen dengan post test two group design. Kelompok dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol, kelompok perlakuan akan diberikan dnegan menggunakan metode peer group. Metode peer group merupakan metode promosi kesehatan untuk mengurangi resiko buruk kesehatan yang disampaikan langsung oleh teman dengan usia setara. Kelompok teman sebaya juga berguna untuk berbagi pengalaman, saling mendukung, membangun kesadaran dan ide baru. Hasil dari penelitian ini adalah ketrampilan sadari kelompok perlakuan lebih tinggi jika dibanding dengan kelompok kontrol yaitu ketrampilan sadari dalam kategori mahir pada kelompok kontrol adalah sebagian kecil sedangkan pada kelompok perlakuan hampir setengahnya ketrampilan sadari dalam kategori mahir. Sehingga pendidik sebaya (peer group) diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam promosi kesehatan yang lebih efektif dalam penyampaian pesan kesehatan khususnya pada remaja.

Kata kunci : remaja, ketrampilan sadari, pendidik sebaya (peer group)

Abstrack

Sufferers of FAM have a risk of 2 times more likely to suffer from breast cancer in the future than women who do not suffer from FAM. Increased risk for breast cancer in women with a history of benign tumors associated with the the process of proliferation of the exaggeration. The purpose of this research is to know the influence of Training Peer Educators through a TECHNICALITY (Peer Group) Against the skills early detection of Fibroadenoma Mammae (FAM) on young women. To achieve that goal used method pre post test two experimental group design. The group is divided into groups of treatment and control groups will be given preferential treatment by a method using peer group. The method of peer group is the health promotion methods to reduce the risk of poor health are delivered directly by friends with age equivalent. Peer groups are also useful to share experiences, support each other, build awareness and new ideas. The results of this research are aware of skills group treatment was higher if compared to a control group that is aware of the skills in the category advanced in the control group was a small part of the Group's treatment while in almost half of it is mostly in the category of advanced skills. So peer educators (peer group) is expected to be one of the alternatives in health promotion is more effective in delivering the message of health especially in teenagers.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.